7 Tips Desain Ruangan Keluarga yang Minimalis

Ilustrasi ruangan keluarga minimalis

Table of Contents

Ruang keluarga adalah ruangan terpenting dalam sebuah rumah. Tempat anda berinteraksi, bermain game, menonton film, diskusi, hingga bekerja. Membuat desain ruangan keluarga yang nyaman dan sesuai dengan selera anda tentunya merupakan hal yang sangat penting sehingga anda bisa merasa nyaman di dalam rumah.

Memiliki rumah mungil bukan berarti anda tidak bisa nyaman lho! Bahkan sekarang ini banyak orang yang mulai berpindah ke rumah mungil atau tiny homes karena mereka akhirnya menyadari bahwa ternyata space yang mereka butuhkan tidak banyak.

Nah untuk anda yang ingin tinggal di rumah mungil, kami memiliki beberapa ide desain yang mungkin bisa membantu anda mendapatkan inspirasi untuk ruangan yang kecil.

1. Warna terang membuat desain ruangan keluarga terasa luas

desain ruangan keluarga terang

Alasan kenapa warna terang membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas adalah karena warna terang dapat memantulkan cahaya dengan sangat baik dan terasa lebih besar karena dapat menyempurnakan pencahayaan natural.

Menggunakan furniture dan cat tembok berwarna terang juga membuat desain ruangan keluarga terlihat elegan dan clean.

Hanya saja, kekurangannya adalah warna terang akan terlihat kotor dan kusam jika tidak rajin dibersihkan. Baca juga kelebihan dan kekurangan penggunaan warna cat terang pada ruangan disini.

2. Gunakan tanaman hias agar ruangan terlihat hidup

tanaman hias di ruangan keluarga

Sebenarnya sih mau besar ataupun kecil sebuah ruangan kalau diberikan tanaman hias pasti akan terlihat hidup. Tetapi yang berbeda adalah pemilihan tanamannya.

Untuk ruangan yang sempit, jangan memilih tanaman yang memiliki daun terlalu besar agar tanaman tersebut tidak membuat ruangan terasa makin sempit.

3. Kata siapa ruangan keluarga harus ada sofa?

ruangan keluarga tanpa sofa

Saat anda mendesain sebuah ruangan yang sempit, furniture besar adalah musuh utama anda. Furniture yang besar membuat ruangan sempit terlihat semakin sempit dan tidak nyaman.

Solusinya, anda bisa mengganti sofa dengan bean bag dan karpet sehingga anda bisa tetap nyaman meskipun duduk lesehan.

4. Tips menggunakan meja di ruangan keluarga

meja bundar ruangan keluarga

Meletakkan meja didepan kursi atau bean bag membuat anda sulit untuk bermanuver di ruangan yang sempit. Apalagi jika anda memiliki anak yang senang berlarian di rumah.

Oleh sebab itu, letakkan meja disamping kursi atau bean bag atau disudut ruangan agar anda dan keluarga bisa mendapatkan space yang lebih luas.

Selain penempatan meja, ternyata menggunakan meja yang berbentuk bulat juga bisa loh memberikan kesan space yang lebih luas saat mendesain ruangan keluarga.

5. Jangan lupa dengan tempat penyimpanan

tempat penyimpanan di ruang keluarga

Yang terakhir, jangan sampai lupa dengan tempat penyimpanan. Menyimpan barang-barang yang sering anda gunakan di tempat anda beraktifitas menghemat waktu dan tenaga anda.

Jika anda seseorang yang senang membaca buku, maka cobalah gunakan meja tv untuk menyimpan buku-buku anda. Meja gantung juga bisa menjadi salah satu opsi untuk menyimpan buku-buku favorit anda.

Untuk anda yang senang bermain game console, buatlah tempat penyimpanan khusus untuk controller anda sehingga terlihat lebih rapih dan aesthetic.

6. Desain ruangan keluarga agar nyaman untuk tempat bekerja

ruangan yang nyaman untuk bekerja

Entah anda seseorang yang sedang work from home, freelancer, atau pebisnis yang bekerja dari rumah. Ruang keluarga juga bisa anda jadikan tempat yang nyaman untuk bekerja berjam-jam.

Jika anda ingin mengikuti saran kami dengan menggunakan bean bag di ruang keluarga, anda bisa menambahkan meja lipat yang di desain untuk laptop agar anda bisa duduk nyaman didepan layar.

7. Gunakan cermin

menggunakan cermin di ruangan keluarga

Melanjut dari poin pertama, salah satu cara agar ruangan sempit terasa lebih luas adalah dengan memasang cermin pada bagian tembok tertentu.

Itulah Tadi Tips-Tips Desain Ruangan Keluarga Agar Ruangan Sempit Terlihat Lebih Luas

Apakah anda sudah siap downsizing dan memiliki rumah yang mungil serta minimalis? Kalau ya, anda bisa cek rumah tipe-tipe modern dan minimalis di Laceland Bogor.

Saya Tertarik dengan Perumahan Laceland Bogor